PROSES PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa perangkat lunak merupakan sistematik, disiplin, terukur, pada pendekatan terhadap pengembangan, pengoperasian, dan pemeliharaan Perangkat Lunak. Rekayasa perangkat lunak terbagi 2 yaitu :- Produk.
- Proses.
Produk adalah proyek perangkat lunak yang direncanakan dan dikendalikan, dengan kata lain produk adalah hasil dari proyek. Produk perangkat lunak terdiri dari beberapa entitas termasuk kode seperti spesifikasi persyaratan, desain, dokumen uji, dan manual pengguna. Sebelum perencaanaan proyek, tujuan dan ruang lingkup produk ditetapkan, dengan informasi itu, tidak mungkin membuat perkiraan biaya yang akurat, evaluasi resiko yang menarik, dekomposisi tugas proyek, jadwal proyek yang dapat dikelola, dan sebagainya.
Proses adalah framework untuk task atau pekerjaan yang dibutuhkan untuk membangun sebuah "High Quality Softwere". Proses framework terbagi menjadi 2 aktivitas, yaitu :
- Framework Activities
- Umbrela Activities
- Work task,
- Work product,
- Milestone (Scheduling) & deliverable, serta
- Quality Checkpoint.
PROCESS PATERN
Menjelaskan masalah yang terkait dengan proses yang ditemui saat bekerja. Macam-macam patern:
- Stage Paterns : Mengidentifikasikan masalah yang berhubungan dengan framework atau proses.
- Task Patterns: Mengidentifikasikan masalah yang berhubungan dengan aksi software engineeering atau tugas kerja.
- Phase Patterns: menentukan urutan kegiatan kerangka yang terjadi dalam proses, bahkan ketika aliran keseluruhan kegiatan yang berulang di alam.
No comments:
Post a Comment