Thursday, March 31, 2022

PROSES PERANGKAT LUNAK

 PROSES PERANGKAT LUNAK


REKAYASA PERANGKAT LUNAK


        Rekayasa perangkat lunak merupakan sistematik, disiplin, terukur, pada pendekatan terhadap pengembangan, pengoperasian, dan pemeliharaan Perangkat Lunak. Rekayasa perangkat lunak terbagi 2 yaitu :

  1. Produk.
  2. Proses.
PERBEDAAN PRODUK DAN PROSES

        Produk adalah proyek perangkat lunak yang direncanakan dan dikendalikan, dengan kata lain produk adalah hasil dari proyek. Produk perangkat lunak terdiri dari beberapa entitas termasuk kode seperti spesifikasi persyaratan, desain, dokumen uji, dan manual pengguna. Sebelum perencaanaan proyek, tujuan dan ruang lingkup produk ditetapkan, dengan informasi itu, tidak mungkin membuat perkiraan biaya yang akurat, evaluasi resiko yang menarik, dekomposisi tugas proyek, jadwal proyek yang dapat dikelola, dan sebagainya.

        Proses adalah framework untuk task atau pekerjaan yang dibutuhkan untuk membangun sebuah "High Quality Softwere". Proses framework terbagi menjadi 2 aktivitas, yaitu :

  1. Framework Activities
  2. Umbrela Activities
FRAMEWORK ACTIVITIES



        Framework activities merupakan tahapan pokok dalam pembuatan  sebuah software yang meliputi:
  • Work task,
  • Work product,
  • Milestone (Scheduling) & deliverable, serta
  • Quality Checkpoint.

UMBRELA  ACTIVITIES

        Umbrela Activities merupakan kegiatan yang menaungi atau "memayungi" pengembangan software, sehingga dapat menghasilkan software yang sesuai dengan kriteria.

        Framework Activities sendiri terbagi dalam 5 tahapan yaitu Communication, Planning, Modeling, Implementation & Deployment. Yang termasuk ke dalam Umbrela Activities adalah:
    • Software project management,
    • Formal technical reviews,
    • Software quality assurance,
    • Software configuration management,
    • Reusability management,
measurement,
    • Document preparation and
production,
    • Risk management.

GENERIC FRAMEWORK ACTIVITIES


PROCES FLOW DIAGRAM


        Menggambarkan diagram alir keterhubungan sebuah proses dengan proses lainnya. Fungsinya adalah sebagai arahan proses yang akan dilakukan dalam pembuatan perangkat lunak. 

PROCESS PATERN



        Menjelaskan masalah yang terkait dengan proses yang ditemui saat bekerja. Macam-macam patern:

  • Stage Paterns : Mengidentifikasikan masalah yang berhubungan dengan framework atau proses.
  • Task Patterns: Mengidentifikasikan masalah yang berhubungan dengan aksi software engineeering atau tugas kerja.
  • Phase Patterns: menentukan urutan kegiatan kerangka yang terjadi dalam proses, bahkan ketika aliran keseluruhan kegiatan yang berulang di alam.

No comments:

Post a Comment

Tahap Define Pada Design Thinking

          Apa itu Design Thinking?? Menurut “ Interaction Design Foundation ” misalnya, design thinking disebut sebagai proses yang dilakuka...