Tuesday, March 29, 2022

KEGAGALAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK

 KEGAGALAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

  1. Pendahuluan

        Sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Sistem informasi juga dapat diartikan suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan. 

            Terdapat empat langkah dalam membangun suatu sistem informasi, yaitu menentukan serta mengetahui masalah, menyediakan solusi alternatif, memilih solusi, dan mengimplementasikan solusi yang dipilih. Ketiga langkah pertama disebut sebagai analisis sistem.

2. Apa Itu Sistem Informasi Manajemen
        Sistem informasi manajemen adalah sistem perencanaan dari bagian internal dalam bisnis yang terdiri atas pemanfaantan dokumen, manusia, teknologi, serta prosedur dalam akuntansi manajemen.

           Umumnya sistem informasi manajemen digunakan untuk memecahkan atau memberikan solusi atas masalah bisnis seperti biaya produksi, layanan, atau strategi bisnis yang diterapkan.

 

3. Kesalahan Yang Terjadi

  • Kesulitan dalam mengumpulkan data
  • Menimbulkan kurang adanya koordinasi antar bidang di BKD terhadap hak dan kewajiban masing-masing bidang untuk terlibat dalam keberhasilan pelaksanaan
  • Dalam perencanaan, baik perencanaan kebutuhan, penempatan, maupun perencanaan
  • Penggunaan informasi dalam pengambilan keputusan baru sebatas untuk pengangkatan pejabat dalam jabatan struktural
  • Teknologi yang ada (perangkat keras, perangkat lunak, jaringan/komunikasi data) telah mendukung untuk pelaksanaan simpeg baik dari kualitas dan kuantitas, bahkan software yang tersedia telah mampu untuk mewujudkan otomasi terutama pada kenaikan gaji berkala dan kenaikan pangkat.
  • Dari kualitas sumber daya pengelola simpeg, masih perlu diadakan penambahan personil untuk menghindari ketergantungan kepada satu orang yang mengerti dan memahami dalam menjalankan sistem yang ada.
  • Lemahnya kepemimpinan dalam komitmen dan pengawasan menyebabkan tidak bekerjanya control dalam sistem

4. Penutup

Dari studi kasus diatas kita dapat mempelajari masalah apa yang terjadi jika terjadi kegagalan pada sistem informasi manajemen. Akan tetapi, teknologi tidak selalu berjalan lancar karena teknologi dibuat oleh manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan. 

No comments:

Post a Comment

Tahap Define Pada Design Thinking

          Apa itu Design Thinking?? Menurut “ Interaction Design Foundation ” misalnya, design thinking disebut sebagai proses yang dilakuka...